Musrenbangwil Provinsi Jateng Tahun 2018 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Friday, 16 March 2018 08:16


    Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) se- Eks Karisidenan Pekalongan Tahun 2018 diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan pada tanggal 15 Maret 2018 menggelar dialog Musrenbangwil Tahun 2018 dibuka oleh Plt. Gubernur Jawa Tengah Bapak Heru Sudjatmiko, Sekretaris daerah Provinsi Jateng dan DPRD Provinsi Jateng.


   Dalam Pameran Musrenbangwil stand Pemerintah Kota Tegal mengahadirkan berbagai kerajinan UMKM Kota Tegal diantarannya batik tegalan, berbagai kerajinan batik seperti tas, sandal, tempat tissu, kerajianan dari kulit kerang seperti lampu hias, tas terbuat dari enceng gondok, berbagai kerajinan dari koran bekas dibuat menjadi hiasan, dan tidak ketinggalan pula jajanan khas Tegal, telor asin dan sebagainya. Dengan keikut sertaan pemerintah kota Tegal dalam pameran Musrenbangwil dapat menjadikan motivasi agar UMKM Kota Tegal terus mengembangkan potensi yang ada agar mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.


Last Updated on Wednesday, 21 March 2018 13:59
 
MUSRENBANG KECAMATAN KOTA TEGAL 2018 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Thursday, 22 February 2018 12:09

   Pada tanggal 13, 14, 15 dan 21 Februari 2018 telah dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (MUsrenbangcam) di seluruh Kecamatan Kota Tegal meliputi 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Tegal Selatan, Kecamatan Tegal Timur, Kecamatan Tegal Barat dan Kecamatan Margadana. Hadir dalam acara tersebut Camat, Bappeda, para narasumber dan OPD terkait di lingkungan pemerintah Kota Tegal, warga, tokoh masyarakat dan lembaga/organisasi terkait.
   Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bappeda Kota Tegal sejauh ini sudah dilaksanakan musrenbang tingkat kelurahan yang menjadi usulan program dan kegiatan prioritas tingkat kelurahan juga sudah ditentukan, untuk selanjutnya segera menentukan program kegiatan prioritas tingkat kecamatan yang akan diusulkan di musrenbang tingkat kota.
   Sebagaimana diamanatkan pasal 260 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, perencanaan pembangunan daerah merupakan bagian satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Sehingga perencanaan pembangunan daerah harus sinkron dan sinergi dengan pencapaian target pembangunan nasional. Perumusan perencanaan pembangunan daerah yang transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan dan berwawasan lingkungan harus dijadikan pedoman kita bersama. Sehingga proses musrenbang dari tingkat RW melalui rembug RW, musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan, hingga musrenbang tingkat kota nanti harus melibatkan seluruh komponen yang ada di masyarakat. 
  Musrenbang kecamatan merupakan forum antar para pemangku kepentingan  untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah program kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan masukan hasil musrenbang kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan antar kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

   Pembangunan untuk tahun 2019 akan difokuskan pada "Pemantapan perwujudan masyarakat sejahtera dan bermartabat" dalam rangka pencapaian "Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima" oleh karena itu pembangunan daerah diprioritaskan pada program-program berikut ini :

1. Peningkatan  penanggulangan  kemiskinan  dan  pengangguran  merata
    pada seluruh wilayah.
2. Peningkatan kesejahteraan masyarakat, berbasis potensi unggulan dan
    rekayasa teknologi dengan fokus perhatian pada koperasi dan UKMK.
3. Pemantapan  kualitas  dan kapasitas SDM serta sarana prasarana yang
    memadai  untuk  menjamin   keberlanjutan   pelayanan  prima  kepada
    masyarakat.
4. Pemantapan kualitas infrastruktur yang memadai dan berkelanjutan.
5. Pemantapan pengelolaan sumberdaya alam yang bijaksana mendukung 
   terwujudnya lingkungan hidup yang lestari.
6. Pemantapan   derajat   kerukunan   masyarakat   dan   memberikan 
    penghargaan  tinggi pada budaya lokal serta tercapainya kondusivitas 
    wilayah. 
7. Pemantapan penyelenggaraan tata-kelola pemerintah yang bersih dan 
    baik dan iklim demokrasi yang kondusif.
   Pelaksanaan musrenbangcam memberikan sumbangan pemikiran dalam merumuskan langkah-langkah strategis ke depan guna keberhasilan perencanaan pembangunan di Kota Tegal dan sebagai upaya dalam menghimpun semua keinginan ataupun harapan masyarakat dalam hal pembangunan yang ada disetiap kecamatan yang nantinya akan menjadi dasar dalam menentukan langkah dan kebijakan, serta prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2018 mendatang.  


Last Updated on Wednesday, 21 March 2018 13:57
 
MUSRENBANG KELURAHAN KOTA TEGAL 2018 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Friday, 02 February 2018 13:28

    Musrenbang Kelurahan telah diselenggarakan mulai tanggal 22 Februari 2018 sampai dengan 1 Februari 2018 bertempat di 27 Kelurahan Kota Tegal dan dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan, Lurah, SKPD terkait, LPMK dan ketua RT/RW, warga atau tokoh masyarakat sekitar. Sebagai nasumber mendatangkan OPD terkai.
    Musrenbang kelurahan adalah forum dialog antara pemerintah dengan pemangku kepentingan dari usulan, kebijakan, peraturan, atau program pembangunan. Dalam musrenbang kelurahan, pemerintah kelurahan dan warga berembug dalam menyusun program tahunan di kelurahan, musrenbang kelurahan menjadi media dialog dan penyepakatan penyusunan program dan kegiatan pembangunan di wilayah kelurahan. Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan di lingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan. Forum ini melibatkan  masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaimana yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan. 
    Ada beberapa usulan yang menjadi catatan penting dalam musrenbang kelurahan Kota Tegal diantaranya usulan balai RW/Pos PAUD yang merupakan lahan/tanah milik warga yang dihibahkan dibuktikan dengan surat serah terima/surat pelepasan hak tanah warga yang dihibahkan. Usulan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mengacu pada Data Base RTLH dan Basis Data Terpadu (BDT) yang dimiliki oleh dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tegal. Usulan Bantuan Sosial (BANSOS) dan Hibah harus melalui proposal lengkap (RAB,gambar,foto) disampaikan paling lambat 24 Februari 2018. Usulan mebeuler Posyandu masuk ke usulan non fisik dan diakomodir di kelurahan melalui kegiatan pengadaan mebeuler sedangkan peralatan posyandu masuk di usulan non fisik pada dinas kesehatan. Usulan program APIK hanya diprioritaskan untuk kawasan yang berada pada SK Kumuh, untuk pembangunan/ pemeliharaan gorong-gorong dengan lebar < 40cm, pembangunan /pemeliharaan jalan lingkungan (pavingnisasi dengan gorong-gorong di tengah jalan lingkungan) lengan lebar sampai dengan 2,5 m, penerangan jalan lingkungan hanya pengadaan tiang, kabel, lampu sedangkan daya listrik dari swadaya masyarakat, usulan RTLH penerima bantuan merupakan data yang terdapat pada data base RTLH, dan adanya pengadaan gerobak/becak sampah. Musrenbang Kelurahan ini selanjutnya menjadi acuan Pemerintah Kota Tegal untuk pembangunan baik Pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik, karena merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam membangun kota Tegal untuk menjadi lebih maju.

Last Updated on Friday, 09 February 2018 06:24
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 4 of 10