FGD ROADMAP SISTEM INOVASI DAERAH (SIDa) KOTA TEGAL TAHUN 2017 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Monday, 04 December 2017 10:00

    Pemerintah Kota Tegal melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tegal, Kamis 30 November 2017 bertempat di Hotel Riez Tegal, menggelar rapat Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kota Tegal Tahun Anggaran 2017. Kegiatan FGD secara resmi dibuka oleh Sekretaris Bappeda Kota Tegal Ir. Resti Drijo Prihanto, M.Si, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Kelik Haryono, S.Pi sebagai moderator, turut hadir pula narasumber perwakilan dari Tim SIDa Provinsi Jawa Tengah Wiwin Widiastuti, SE, M.Sc, MT dan dihadiri oleh Tim SIDa Kota Tegal dari beberapa SKPD beserta tamu undangan lainnya.
       Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dipengaruhi oleh sumber daya alam setempat serta upaya dari pemerintah daerah terutama pengetahuan yang dikembangkan, diaplikasikan dan disebarluaskan sehingga mendorong berkembangnya inovasi secara terus-menerus dan berkelanjutan. Melalui penyusunan Roadmap SIDa Kota Tegal bertujuan untuk memberikan arahan pengembangan inovasi daerah berdasarkan potensi unggulan daerah sehingga dapat mendukung pembangunan daerah yang telah direncanakan.

   

   

     Disampaikan oleh narasumber perwakilan Tim SIDa Provinsi Jawa Tengah bahwa sebagai sebuah cara pendekatan Sistem Inovasi Daerah memerlukan objek pembangunan yang akan diusung. Oleh karena itu diperlukan adanya bidang prioritas atau suatu wahana yang menjadi objek untuk dijadikan prioritas dan merupakan sektor unggulan sebagai penarik (lokomotif) pemerintah daerah. Selain itu perlu menghimpun beberapa strategi yang menjadi penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) agar dapat menyelaraskan dengan kemajuan perkembangan global.
    Berdasarkan beberapa  daerah unggul berdaya  saing tinggi mempunyai kecenderungan  yang sama yaitu menerapkan best practise dalam melakukan pembangunan daerahnya. Kota Tegal menerapkan best practise antara lain meliputi kerangka umum inovasi dan bisnis; daya dukung Litbangyasa dan absorbsi UMKM; kolaborasi inovasi dan difusi teknologi; budaya inovasi; keterpaduan sistem inovasi dan perkembangan klaster keselarasan dengan perkembangan global. Mengacu pada kerangka kebijakan inovasi tersebut setiap kegiatan terkait/indikator masing-masing daerah mempunyai perbedaan dengan mempertimbangkan tema prioritas/unggulan daerah yang menjadi penyusunan roadmap SIDa.
     Adapun Sub Tema yang diprioritaskan dalam pengembangan SIDa Kota Tegal yaitu MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) dan Pariwisata yang berkaitan dengan City Branding Kota Tegal memerlukan city branding yang kuat yang membedakan dengan daerah lainnya untuk promosikan yang saat ini adalah "Tegal Kota Bahari"; Pendukung Perkembangan Industri antara lain melibatkan aspek koperasi dan UMKM, sarana dan prasarana penunjang, pelayanan pemerintah, iklim investasi, tenaga kerja, dan lembaga keuangan; Perdagangan Barang dan Jasa lebih tertuju pada pasar tradisional dan modern pemerintah kota Tegal mengupayakan pasar tradisional agar lebih banyak diminati oleh pelaku pasar salah satunya dengan revitalisasi pasar agar lebih baik sedangkan untuk sektor informal (pedagang kreatif lapangan) menjadikan sebagai area wisata kuliner di Kota Tegal.




Last Updated on Tuesday, 02 January 2018 10:04