Rapat Koordinasi BKPRD Tahun 2018 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Friday, 26 January 2018 10:30
     Pada hari kamis tanggal 25 Januari 2018 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Tegal diadakan rapat koordinasi mengenai Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD). Dibuka oleh kepala Bapppeda Kota Tegal dan dihadiri oleh segenap Tim BKPRD Kota Tegal. 
     Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) merupakan sebuah instrumen yang sangat penting atau vital terhadap jalannya proses penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pada sebuah Kabupaten/Kota sampai dengan penetapan Perdanya. Oleh karena itu BKPRD mempunyai ruang lingkup terhadap perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang. Penetapan Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 4 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Kota Tegal 2011 - 2031 pada aspek pengendalian pemanfaatan ruang menjadi hal yang masih perlu penguatan baik secara kelembagaannya maupun implementasinya. Dalam acara rapat koordinasi BKPRD ini terdapat pembahasan draft revisi mengenai peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tegal Tahun 2011 -2031.

     Dalam rangka mewujudkan terlaksananya penataan ruang yang serasi, selaras, seimbang dan terpadu maka perlu langkah-langkah yang dapat mensinergiskan penataan ruang di daerah. Revisi RTRW tahun 2011-2031 ini dilakukan dengan pembahasan secara bersama dan perubahannya dilakukan secara kajian. Beberapa kajian pola ruang yang telah dilaksanakan untuk lebih diperhatikan pelaksanaanya diantaranya terkait Ruang Terbuka Hijau pada luasan sport center yang sejauh ini telah diakomodir dengan baik, untuk kelurahan debong lor perlu di tambahkan RTH, kawasan waterfront city kecamatan Tegal Timur perlu dibuat RTH. Mengenai kawasan permukiman juga perlu di kaji ulang diantaranya pada kampung tirang kelurahan Tegalsari agar diubah menjadi kawasan permukiman, sebagian lahan sawah pada kelurahan slerok perlu diubah menjadi kawasan permukiman selain itu kepastian pola ruang keberadaan bangunan pendidikan dikawasan industri kelurahan panggung dan banyaknya perumahan yang masih berada diatas saluran perlu dilakukan penertiban.


Last Updated on Friday, 09 February 2018 06:21