Operasi Pasar

Cek Ketersediaan dan Harga, Satgas Ketahanan Pangan Kota Tegal Turun ke Pasar dan Distributor

Untuk mengetahui ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat sekaligus harga-harga yang berlaku dipasara, Satgas Ketahanan Pangan Kota Tegal melakukan sidak dengan turun langsung ke sejumlah pasar di Kota Tegal dan distributor minyak sayur, Selasa (22/3). Satgas Ketahanan Pangan merupakan tim gabungan dari Bank Indonesia Tegal, Satpol PP, Bappeda, Diskop UMKM Perdagangan, Polres Tegal Kota dan unsur terkait lainnya.

Selaku Perencana Muda Sub Koordinator Perekonomian dan SDA Bapeda Kota Tegal Indah Fauziana mengatakan tujuan sidak dilakukan agar mengetahui sejauh mana ketersediaan kebutuhan pokok dan harga kebutuhan pokok dipasaran. Dari hasil tinjauan, untuk minyak sayur yang beberapa waktu mengalami kelangkaan, kini sudah mulai banyak dan tersedia didisplay toko maupun warung. Untuk saat ini minyak sayur curah disejumlah pasar dari mulai harga Rp 18 ribu sampai Rp 19 ribu perkilogram, dan untuk minyak kemasan dari harga Rp 23 ribu sampai harga Rp 25 ribu perliter. Kemudian untuk harga telur yang awalnya Rp 23 ribu perkilogram, saat ini naik menjadi Rp 25 perkilogram. Harga cabe dari jenis lombok perkilogram mencapai Rp 38 sapai 42 ribu, rawit merah dari Rp 42 sampai 50 ribu. Sedangkan untuk harga daging sapi, dari semula Rp 100 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 130 ribu.

Deputi Kepala Perwakilan KPw Bank Indonesia Tegal Dody Nugraha mengungkapkan bahwa dari hasil sidak yang dilakukan, untuk ketersediaan bahan pokok sejauh ini masih aman. Meskipun awalnya minyak sayur langka dipasaran, kini sudah mulai kembali ada dan mudah didapat di pasar, toko maupun swalayan. Dody juga turut menghimbau kepada masyarakat agar bijak berbelanja dan tidak perlu panik. Masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok seperlunya saja.

Sementara dari Polres Tegal Kota Iptu Eko Puji menyampaikan dari mulai pasar tradisional dan distributor yang dikunjungi, tidak ditemukan adanya penimbunan atau sengaja tidak dikirimkan ke pasar. Terkait harga yang disampaikan sejumlah distributor sudah sesuai dengan SOP dari Pemerintah.



Tinggalkan Balasan