Forum Konsultasi Publik RKPD 2024

Tegal , Kamis 12 Januari 2023  bertempat di Ruang Adipura Kota Tegal dilaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP). yang dipimpin oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal Dr. dr. SRI PRIMAWATI INDRASWARI, Sp.KK., MM., MH. Peserta FKP adalah para Staf Ahli Wali Kota, Asisten Sekda, Kepala OPD, Direktur Kardinah, Camat, Kepala Bagian, Lurah, unsur Perguruan Tinggi, BPS Kota Tegal, PDAM Kota Tegal, pemangku kepentingan lainnya. FKP merupakan bagian dari tahapan awal proses penyusunan dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang harus dilaksanakan, sesuai dengan amanah dari Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri No. 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Raperda Tentang RPJPD dan RPJMD, Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan dokumen penjabaran pelaksanaan program pembangunan tahunan dari RPJMD yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah sesuai urusan kewenangan masing-masing. Diharapkan kegiatan yang nanti direncanakan dan dilaksanakan perangkat daerah dapat terarah untuk mendukung capaian target visi dan misi Kepala Daerah yang dampaknya diharapkan dapat meningkatkan derajat kehidupan masyarakat Kota Tegal dimasa yang akan datang.

Forum Konsultasi Publik (FKP) ini menjadi sangat strategis karena menjadi media untuk memadukan perencanaan antara teknokratis, top down dan bottom up, sehingga terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik, untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tegal Tahun 2024. melalui Forum Konsultasi Publik inilah, jajaran Pemerintah Kota Tegal, bersama para pemangku kepentingan, berdiskusi menyusun rencana kebijakan pembangunan Kota Tegal untuk tahun 2024. Penyusunan kebijakan pembangunan Kota Tegal untuk tahun 2024 juga berpedoman pada kebijakan dan program strategis dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.,

Adapun penyusunan dokumen RKPD Kota Tegal tahun 2024, merupakan penjabaran tahun ke lima dari pelaksanaan RPJMD Kota Tegal tahun 2019-2024.

Tema RKPD Kota Tegal untuk tahun 2024 adalah : “Perwujudan Kota Tegal Yang Bersih, Demokratis, Disiplin, Dan Inovatif Serta Masyarakat Yang Sejahtera”.

Pada saat FKP ini beberapa perwakilan masyarakat yang diundang menyampaikan beberapa aspirasi dan masukan diantaranya Bapak Joko Triatmojo, dari LPMK Debong Tengah yang menyampaikan permohonan supaya dinas teknis menerbitkan juknis tentang bantuan berbasis masyarakat di tingkat RW, agar LPMK tidak bingung. Bapak Andi Bustomo dari Dewan Kesenian Kota Tegal memberi beberapa masukan dan saran diantaranya supaya pembangunan tidak lagi kawasan alun-alun sentry Bapak Doni ,perwakilan dari komunitas Disabilitas Tegal Bahari  / DTB yang menyampaikan beberapa usulan diantaranya supaya Dinas Sosial bisa menginiasi adanya Perda Disabilitas Kota Tegal, mengingat Perda Disabilitas Provinsi Jawa Tengah,sudah  ada, sehingga nantinya semua stakeholder di Kota Tegal mempunyai peran terhadap penanganan disabilitas.

Acara Forum Konsultasi Publik tahun 2023 ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik oleh Sekretaris Daerah dan perwakilan peserta Forum Konsultasi Publik.