MUSRENBANG Kota Tegal Tahun 2022

Pemerintah Kota Tegal menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 pada Rabu, 23 Maret 2022 bertempat di Gedung Adipura Kota Tegal.
Musyawarah ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tegal, Ketua DPRD Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Anggota Forkopimda Kota Tegal, Delegasi Kecamatan, Perwakilan Akademisi, Pengusaha, Komunitas, Media Massa, dan Kepala Perangkat Daerah, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) se – Kota Tegal.
Musrenbang RKPD dilaksanakan berdasarkan Undang – Undang nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 Tahun 2017. Proses Musrenbang tahunan yang diselenggarakan mulai dari tahap Rembuk RW, Musrenbang tingkat Kelurahan, Musrenbang tingkat Kecamatan sampai dengan Musrenbang Tingkat Kota memiliki peran strategis dalam penyusunan RKPD tahun 2023, agar tetap dalam koridor RPJMD 2019-2024. Musrenbang tahun ini merupakan agenda untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat mengenai prioritas program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2023.
Pemerintah Kota Tegal memiliki tema pembangunan tahun 2023 yaitu: “PERWUJUDAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH SERTA PEMANTAPAN SDM YANG BERKUALITAS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN PEREKONOMIAN DAERAH” dengan 7(tujuh) prioritas pembangunan yaitu : 1. Percepatan Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran, 2. Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing, 3. Pembangunan dan Penataan Infrastruktur Kota Guna Memenuhi Kebutuhan Dasar serta Mendukung Peningkatan Perekonomian Masyarakat, 4. Penguatan Tata Kelola Pemerintahan dan Kondusivitas Wilayah, 5. Peningkatan Daya Saing Perekonomian Daerah, 6. Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana dan 7. Pengembangan Inovasi dan Pemantapan Teknologi Informasi
Ide, saran dan seluruh masukan yang telah disampaikan oleh peserta Musrenbang akan semakin memperkaya dan menyempurnakan rancangan RKPD Kota Tegal tahun 2023, Dimana RKPD akan menjadi acuan dalam menyusun Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).
Musrenbang yang telah dijalani sejak pagi tadi menjadi kesepakatan bersama dalam menentukan langkah – langkah pembangunan di Tahun 2023 dalam rangka mewujudkan Visi Kota Tegal yaitu ” TERWUJUDNYA PEMERINTAHAN YANG BERDEDIKASI MENUJU KOTA TEGAL YANG BERSIH, DEMOKRATIS, DISIPLIN DAN INOVATIF”.