RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN (PKP) DALAM PENANGANAN PENGURANGAN KAWASAN KUMUH TAHUN 2023

Pada hari Kamis, 22 Desember 2022 bertempat di Ruang Adipura Kota Tegal, Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal Dr. dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK,MM,MH  selaku Ketua Tim Pengarah Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (POKJA PKP) telah membuka acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Perumahan Dan Kawasan Permukiman (PKP) Dalam Penanganan Pengurangan Kawasan Kumuh Tahun 2023. Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Para Staf Ahli Wali Kota Tegal, Kepala Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Pengarah Pokja PKP, Ketua Baznas Kota Tegal, Kantor Pertanahan Kota Tegal, PDAM Kota Tegal, GM Pelindo Cabang Tegal, perwakilan dari Bank Jateng, Ketua Real Estate Indonesia Komisariat Tegal, Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan dan Forum BKM. Selain itu, pada acara tersebut dihadiri oleh 2 (dua) orang narasumber yaitu Ibu Fian Arie Madhona (Tenaga Ahli Kelembagaan) Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III dan Bapak  Haris Triyanto,S.Sos dari Koordinator KOTAKU Kota Tegal. Dalam sambutannya Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal Dr. dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK,MM,MH menyampaikan bahwa dalam penyelenggaran Perumahan dan Kawasan Permukiman bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata namun juga melibatkan peran serta masyarakat seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 12 tahun 2022.

Bersamaan dengan acara tersebut Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal selaku Ketua Tim Pengarah Pokja PKP Kota Tegal membacakan Komitmen Bersama Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman Dalam Penanganan Pengurangan Kawasan Kumuh Tahun 2023 sekaligus penandatangan komitmen bersama yang diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah yang tergabung dalam tim Pengarah Pokja PKP Kota Tegal, Direktur PDAM Kota Tegal, Ketua Forum PKP, Ketua Pokja Infrastruktur dan Permukiman Forum TJSLP dan Ketua Forum BKM Kota Tegal. Pada tahun 2022 Pemerintah Kota Tegal berhasil mengurangi Kawasan Kumuh yang seluas 85,61 Ha dari  luas  191,15 Ha, sehingga luasan kawasan kumuh menjadi 105,54 Ha . Angka ini merupakan pencapaian kolaborasi dalam penanganan pengurangan kumuh di Kota Tegal. Harapannya kedepan kolaborasi penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman bisa lebih optimal baik itu pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat.



Tinggalkan Balasan