Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Kota Tegal

Hai, Sobat Bappeda!!
Apakah kamu pernah mendengar istilah “TJSLP?”

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau sering disebut Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya (Pergub Jateng Nomor 89 Tahun 2017).

Dalam rangka membangun sinergitas pembangunan daerah dengan keterlibatan unsur dunia usaha maka pada hari Senin tanggal 29 Agustus 2022 bertempat di Ruang Adipura Balaikota Tegal, telah diselenggaraakan Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Forum TJSLP Kota Tegal Tahun 2022. Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Kepala Bappeda Kota Tegal, Ir. Resti Drijo Prihanto, M.Si., yang didampingi oleh Kepala Bidang Perekonomian, SDA, Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kota Tegal, Harida Loly Novia, ST, M.Si., dan Perencana Madya Bappeda Kota Tegal, Andika Irawan SE, M.Si. Acara ini dihadiri oleh unsur Dunia Usaha, Akademisi dan OPD terkait. Pelaku usaha yang hadir sangat antusias dan secara terbuka mensupport apa yang menjadi agenda Pemerintah Kota Tegal.

Rapat koordinasi ini menghasilkan rumusan yaitu bahwa kolaborasi Pentahelix (sinergi berbagai aktor seperti akademisi, pemerintah, media/pers, unsur pelaku usaha dan masyarakat) perlu dioptimalkan guna mendukung proses pembangunan daerah di Kota Tegal. Namun perlu dibentuk wadah untuk mensinergikan dan menselaraskan program yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tegal dan unsur non pemerintah sehingga bisa tepat arah dan tepat sasaran.

Agenda tindak lanjut rakor ini yaitu dalam waktu dekat akan mengadakan rapat koordinasi lanjutan dalam rangka pembentukan Forum TJSLP yang rencananya secara kelembagaan akan dikukuhkan oleh Walikota Tegal.



Tinggalkan Balasan