Sosialisasi Indeks Pembangunan Statistik (IPS)

Bertempat di Ruang Rapat Lt. II Setda Kota Tegal, Bappeda Kota Tegal menyelenggarakan acara Sosialisasi Indeks Pembangunan Statistik (IPS) pasa Senin, 15 Agustus 2022. Sosialisasi dilaksanakan dengan narasumber dari BPS Kota Tegal. Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Tegal (Ir. Resti Drijo Prihanto, M.Si) dilanjutkan sambutan pengantar oleh Kepala BPS Kota Tegal Bapak Drs. Agustinus Hariyanto, M.M.. Peserta sosialisasi adalah perwakilan seluruh OPD, kecamatan dan kelurahan khususnya pejabat/staf yg menangani pengelolaan data di OPD.

Indeks Pembangunan Statistik (IPS) adalah Ukuran yang menggambarkan tingkat kematangan kualitas penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dan statistik sektoral, yang diharapkan dapat mengukur capaian penyelenggaraan  SDI dan data statistik sektoral di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Tujuan IPS ini adalah untuk mengukur capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dan untuk terpenuhinya prasyarat penyelenggaraan SDI. IPS juga bisa dijadikan dasar melakukan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SDI, juga sebagai dasar BPS menyusun strategi pembinaan statistik sektoral.

Pemerintah Kota Tegal sangat mendukung pelaksanaan Satu Data Indonesia dengan diterbitkannya Perwal No. 4.B Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Kota Tegal.

Salah satu amanat dari perwal tersebut adalah kita harus membentuk Forum Satu Data Tingkat Kota Tegal. Forum Satu Data ini terdiri dari Pembina Data, Wali Data, Walidata Pendukung,Koordinator/Sekretariat dan  Produsen Data.