SOSIALISASI LOMBA KRENOVA KOTA TEGAL TAHUN 2023 DAN LAUNCHING SISTEM INOVASI DAERAH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (SIDA NIMBANG)

Sosialisasi Lomba Krenova Kota Tegal Tahun 2023 dan Launching Sistem Informasi Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Sida Nimbang)

Pemerintah Kota Tegal mengumumkan pelaksanaan lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Kota Tegal Tahun 2023.

Pendaftaran lomba akan dimulai, pada 1 Desember 2022- 28 Februari 2023.

Total hadiah dalam lomba tersebut mencapai Rp 31.5 juta.

Hal itu disampaikan dalam sosialisasi yang diikuti oleh Lurah dan Posyantek se-Kota Tegal, SMA/SMK se-Kota Tegal, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, di Ruang Adipura Balai Kota Tegal, Kamis (3/11/2022).

Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal, Dr. dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, lomba krenova yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mendorong budaya kreatif masyarakat Kota Tegal.

Pj. Sekda Kota Tegal

Sekaligus menjadi ajang pemberian penghargaan kepada masyarakat penggali atau penemu di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baik itu secara individu maupun kelompok.

Dalam sambutannya Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal menyampaikan “Dalam rangka mendukung pelaksanaan inovasi yang dihasilkan masyarakat dan percepatan pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik melalui layanan integrasi berbasis data, saat ini Pemerintah Kota Tegal telah menyiapkan Sistem Informasi Daerah Penelitian dan Pengembangan (Sida Nimbang). Dari sistem ini diharapkan masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah dapat mengambil manfaat dan berkontribusi dalam penyediaan dan pemakaian data kelitbangan. Tercipta hubungan yang lebih nyaman antara masyarakat dan birokrasi pemerintahan, berbiaya murah dan efektif terutama bagi pemerintah sebagai penyampai informasi dan pelayanan.

Selain sebagai sarana informasi dalam mengembangkan hasil-hasil inovasi masyarakat, Sida Nimbang ini juga untuk mengoptimalkan pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik khususnya dalam membantu percepatan pencapaian kinerja kegiatan-kegiatan kelitbangan dalam proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, sehingga dapat mempercepat proses pengambilan kebijakan yang cepat, tepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses.”

Sambutan Kepala Bappeda Kota Tegal

Sida Nimbang sendiri sebagai wadah untuk menyajikan Database Kelitbangan, Inovasi Masyarakat dan Inovasi Pemerintah Daerah. Selain itu pendaftaran Krenova tahun 2023 akan dilakukan melalui website Sida Nimbang tersebut. https://bappeda.tegalkota.go.id/sida-nimbang

Narasumber Dairoh, M.Sc.

Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Tegal, Ir. R. Resti Drijo Prihanto mengatakan, masyarakat bisa menunjukkan kreativitasnya pada lomba Krenova 2023. Nantinya ada 2 Kategori, meliputi Kategori Pelajar, dan Kategori Umum.

“Pendaftaran lomba sendiri mulai dibuka, pada 1 Desember 2022, mendatang. Total hadiah adalah Rp 31.5 juta. Nanti lomba terbagi dalam berbagai kategori, ada pelajar, masyarakat dan umum,” ungkapnya



Tinggalkan Balasan